PIX4D MAPPER merupakan perangkat lunak pemetaan yang dikhususkan untuk mengolah foto udara dari mosaik foto menjadi orthophoto atau pemodelan tiga dimensi. Perangkat lunak ini merupakan salah satu yang paling sering saya gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di kantor.

Adapun PostGIS yaitu salah satu extension yang berguna untuk menambahkan atribut geospasial ke dalam database yang disimpan pada PostgreSQL. Dengan adanya PostGIS maka database pada PostgreSQL bisa diinput data vektor ataupun raster, tidak terbatas hanya data tabular saja.

Kebetulan saya menggunakan keduanya pada laptop kerja. Muncul masalah ketika saya melakukan update program Pix4D versi 4.1 ke 4.7. Saya sama sekali tidak bisa membuka program Pix4D sama sekali. Tanpa ada warning box atau informasi eror.

Setelah melakukan konsultasi dengan Tim Support Pix4D, ternyata masalah terdapat pada environment variables PROJ_LIB. Pix4D menggunakan GDAL_LIB untuk menjalankan fungsinya dan mengalami konflik karena PostGIS menggunakan environment variable yang sama.

Solusinya yaitu dengan menghapus environment variable PROJ_LIB dengan masuk ke advance system setting. Caranya klik kanan pada logo windows taskbar kemudian pilih system. Pilih advanced system setting di bagian kanan. Pilih tab advance dan klik Environment variables.

Lokasi Environment variables

Sorot PROJ_LIB kemudian pilih delete. Klik OK. Dengan menghapus variable PROJ_LIB maka Pix4D akan bisa dijalankan. Sebaliknya, karena variable PROJ_LIB sudah dihapus, maka akses ke data spatial yang disimpan pada database PostgreSQL tidak akan bisa dibuka. Nah lho.

Win-win solutionnya yaitu ya tidak perlu di delete semuanya. Hanya pastikan saja ketika kita akan menjalankan Pix4D, maka variablenya perlu diedit sedikit, sehingga tidak sama persis dengan originalnya. Sebaliknya jika akan mengakses data spatial yang tersimpan pada database PostgreSQL, maka variable perlu ada dalam kondisi originalnya.

#isi environment variable yang digunakan untuk akses data spatial ke PostgreSQL
variable name: PROJ_LIB
variable value: C:\Program Files\PostgreSQL\15\share\contrib\postgis-3.3\proj

Jika akan menggunakan Pix4D, edit saja sedikit variable seperti misalnya sebagai berikut.

#isi environment variable yang digunakan untuk menjalankan Pix4D
variable name: PROJ_LIB_TEMP
variable value: C:\Program Files\PostgreSQL\15\share\contrib\postgis-3.3\proj

Dengan demikian tidak perlu lagi menambahkan variable atau menghapusnya untuk menjalankan Pix4D ataupun akses ke database spatial di PostgreSQL.

Semoga tulisan tentang konflik Pix4D dan PostGIS ini bermanfaat!

Leave a comment

I’m Anggi

Welcome to my virtual space. I am not often post on my blog but I read a lot blogs about travelling, photography and GIS.

Let’s connect