SEWAKTU sekolah dasar, saya ingat sekali Bapak membelikan kami atlas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, ada tiga jumlahnya. Dari yang sederhana (hanya tiga warna per halaman) hingga yang multi warna dalam pewarnaan wilayah elevasinya.

Peta Provinsi Jawa Timur

Dari situ saya sering membuka-buka peta terutama peta provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Yang saya lihat adalah nama-nama kota yang saya lewati ketika mudik. Dari Bogor ke Utara menuju Jakarta kemudian melewati jalur pantura terus hingga ke Probolinggo (kampung halaman Bapak) atau dari Tegal belok ke arah Selatan hingga Purworejo (kampung halaman Ibu).

Bisa dibilang dengan menggunakan atlas itu lah saya mengeksplorasi perjalanan-perjalanan saya hingga ke luar negeri. Nah, saat ini saya rasa penggunaan peta seperti itu sudah ‘usang’ karena tergantikan oleh peta daring modern seperti Google Maps, Bing Maps dan lain sebagainya.

Sekitar tahun 2002, Bakosurtanal (sekarang bernama BIG) menerbitkan peta provinsi seluruh Indonesia (kecuali Kalimantan Utara). Peta digital ini jadi salah satu koleksi arsip favorit saya karena penuh dengan nilai nostalgia saya. Bagi yang memerlukan copy peta, bisa diunduh pada link berikut ini ya! Oh ya ada juga peta Negara Kesatuan Republik Indonesia pada link tersebut.

Leave a comment

I’m Anggi

Welcome to my virtual space. I am not often post on my blog but I read a lot blogs about travelling, photography and GIS.

Let’s connect