Menggunakan perangkat lunak QGIS ternyata tricky buat saya. Hal ini karena saya terbiasa menggunakan perangkat lunak keluaran ESRI. Hal-hal yang biasa dikerjakan dengan mudahnya atau otomatis sebelumnya dengan perangkat ESRI, rupanya agak ‘sulit’ ketika dilakukan pada lingkungan QGIS.

Format native data di lingkungan ESRI yaitu geodatabase (.gdb) sedangkan pada QGIS berformat geopackage (.gpkg). Pada format gdb atribut dasar seperti panjang segment atau luas area akan terinput otomatis pada atribut data. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk sekedar melihat variasi dan distribusi nilai pada data misalnya panjang segmen sungai atau luas permukiman.

Pada gpkg rupanya berbeda. Atribut dasar tersebut rupanya tidak disediakan secara otomatis (atau ada caranya tapi saya tidak tau ya?). Pengguna harus menginputnya sendiri sehingga nilai yang diinginkan muncul.

Berikut ini saya tuliskan beberapa langkah untuk menampilkan atribut dasar pada data point (koordinat X dan Y), polyline (lenght) serta luas polygon. Pada kasus ini data tersebut saya buat random dalam bentuk gpkg dan data tersebut memiliki proyeksi UTM 47 N.

Untuk data point yaitu dengan menambahkan field baru pada data atribut melalui opsi layer properties dengan menambahkan field X (untuk longitude) dan Y (untuk latitude).

Penambahan field baru pada layer properties

Buka atribut layer, kemudian pastikan field baru yang dibuat sudah tersedia. Masuk ke field calculator, centang pada pilihan Update existing field, dan masukkan expression di bawah kemudian klik OK. Secara otomatis informasi koordinat yang terisi pada field X. Lakukan hal yang sama untuk field Y. Untuk diperhatikan, secara default informasi koordinat yang ditampilkan akan mengikuti sistem proyeksi data yang bersangkutan. Untuk proyeksi UTM akan menampilkan satuan meter Utara dan Timur.

 $x 

Untuk tipe data polyline caranya sama. Pertama-tama kita harus menambahkan field sendiri, misalnya Panjang. Dengan cara sama pada field calculator perintah yang sama pada expression yaitu length untuk mengetahui panjang segmentnya.

 $length 
Hasil kalkulasi geometri tipe data polyline

Untuk mengetahui luas pada tipe data polygon caranya sama dengan sebelumnya. Hanya perintahnya saja diubah mengguunakan expression area untuk mengetahui luas dalam satuan meter persegi. Untuk merubah dalam satuan HA tinggal buat new field tersendiri kemudian jalankan perintah untuk membagi nilai pada field pertama dengan angka 10.000.

 $area 

Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s