Selain Swiss dan Jepang yang merupakan mayoritas negara produsen arloji, Uni Soviet (sekarang Rusia) juga sudah sejak lama memproduksi arloji dengan ciri khas dan teknologi milik mereka, menonjolkan fungsi dan durable. Bahkan spesialnya pernah dibuat untuk angkatan perang dan para kosmonotnya. Hal ini berarti arloji buatan mereka sudah teruji karena dipakai di medan yang berat.

Vostok Komandirskie

Salah satu merk arloji asal Rusia yaitu Vostok. Di berbagai forum arloji, merk ini jadi salah satu yang banyak diperbincangkan karena harganya yang cukup terjangkau dan fungsi yang didapat sepadan dengan harga yang dibayarkan. Varian terkenal dari Vostok ini ada dua yaitu Komandirskie dan Amphibia.

Sesuai dengan namanya, Komandirskie berarti komandan dan Amphibia berarti amfibi. Komandirskie diperuntukkan untuk jam tangan di atas laut sedangkan Amphibia khusus dipergunakan untuk di bawah laut (diver watch).

Perusahaan Vostok memiliki perjalanan panjang dari tahun 40an. Pada awalnya merupakan perusahaan yang khusus untuk membuat senjata dan alat perang ketika itu dan berada di Moscow. Namun karena kondisi perang, pabrik dipindahkan lewat Kazan ke Chistopol baik melalui jalur darat maupun jalur Sungai Kama yang ketika itu dikisahkan suhu di sana hingga -40 derajat Celsius.

Tidak seperti pabrik arloji ketika itu di Swiss ataupun Jepang yang memiliki modal banyak, Vostok membangun teknologi arloji dengan sumber daya terbatas namun tanpa menghilangkan fungsi dari arloji itu sendiri. Salah satu contohnya yaitu yang ada pada varian Amphibia di mana mereka memanfaatkan tekanan air supaya crystal jam semakin merapat dan kedap air. Hal ini tentu lebih murah dibandingkan dengan membuat casing yang super solid untuk tahan tekanan.

Apa yang membuat saya tertarik membeli merk ini (varian Komandirskie)? Pertama, harganya terjangkau. Bayangkan, dengan setengah juta kita sudah bisa mendapatkan jam tangan dengan asli Rusia dengan movement mechanic dengan fitur penunjuk waktu dan tanggal sekaligus ongkir. Bahkan movementnya in-house!

Kedua, walaupun teknologi yang dipakai masih lama, terbukti merk ini masih bertahan. Artinya durabilitas jam tangannya patut diacungi jempol. Beberapa produknya dengan inovasi baru juga ada namun versi klasik tetap mereka pertahankan.

Ketiga, merk ini sudah bertahan puluhan tahun. Merk ini pastinya penuh cerita sejarah dibalik namanya saat ini. Dikabarkan bahkan perusahaan in sempat bangkrut di 2010 namun akhirnya kembali beroperasi.

Keempat, tidak banyak orang yang saya lihat pakai jam tangan ini. Lain cerita kalau merk Seiko atau Casio yang pasti membludak pemakainya. Jadi kesannya ekslusif saja dan beda dengan yang lain.

Sebongkah paket berisi bagian kepingan sejarah USSR

Pengalaman saya membeli jam tangan ini cukup praktis langsung beli dari Rusia lewat website. Total diperlukan 1 bulan untuk sampai ke depan pintu rumah saya. Dikirim langsung dari Chistopol pada 27 Februari dan sampai ke tangan saya pada 26 Maret.

Close up

Tipe arloji yang saya beli yaitu varian Komandirskie dengan kode 811021. Spesifikasi arloji ini yaitu sebagai berikut. Diameter tanpa crown 39 mm; ukuran lug 18 mm; material menggunakan kuningan dengan chrome plating; caseback stainless steel; movement in-house 2414A manual winding, total jewels 17; crystalnya acrylic/plastik dengan style dome; genuine leather strap; water resistant 30 meter.

Acrylic dome crystal 😍

Spesifikasi

Jam tangan ini merupakan tipe field watch, khususnya memang dibuat untuk military watch. Case terbuat dari kuningan dengan coating chrome, versi belakangan ada yang sudah menggunakan coating titanium nitride. Finishingnya polish, kilatnya terlihat baik. Terdapat pula bezel yang bisa diputar dengan penunjuk waktu per 10 menit namun bezelnya clickless.

Dial utama terdiri dari dua warna, gradasi dari warna biru ke hijau. Andai saja finishingnya sunburst pasti akan terlihat lebih indah. Indexnya tanpa nomor, hanya berupa applied stick berwarna silver. Penanda menit diprint kecuali pada bagian antara menit 25 – 35 dan sekitar jam 3.

Back case engraving

Background dial berupa cetakan gambar paratroop dengan pesawat di bagian kanan dan kirinya. Ini bagian yang menurut saya paling ikonik dari jam ini yang membuatnya terkesan sangat military dan vintage banget. Di index jam 12 terdapat red star yang merupakan simbol tentara merah. Logo Vostok dicetak di bagian bawah bersamaan dengan kata Komandiskie dan sebuah kata yang tidak saya mengerti.

Detail shot

Bagian casebacknya keren menurut saya. terbuat dari bahan stainless steel dengan engraving simbol elang berkepala dua dan huruf cyrilic yang tulisannya tidak saya ketahui. Walaupun bagian caseback ini tidak terlihat, tapi menurut saya spesial dengan adanya engraving tersebut sehingga terlihat keren dan berkarakter Rusia banget.

Luminous index dibuat per penanda 5 menit kecuali di angka 12 yang dibuat ada dua penanda. Jika saya bandingkan dengan luminousnya Seiko tipe SNK, terangnya lebih redup namun cukup oke dan terpakai di ruang minim cahaya. Hanya saja luminousnya cepet redup.

Jarum penanda jam dan menit berbentuk pedang berwarna silver dengan luminous di bagian tengahnya. Khusus untuk jarum detik warnanya merah. Semakin menguatkan aksen kental militer tentara merahnya.

Di bagian crown terdapat crownguard dan tanpa simbol. Jam ini menggunakan screwdown crown, seperti jam diver pada umumnya.

Strapnya menurut spesifikasi terbuat dari genuine leather berwarna hitam. Menurut saya kurang baik sih kualitasnya dan seperti kulit monster hehe. Makanya saya ganti dengan strap nilon dari arloji Seiko SNK saya yang berwarna hitam.

Impresi

Dengan ukuran diameter jam tangan <40 mm, sangat cocok dipakai di pergelangan tangan saya yang kecil. Warna dialnya pun keren jika dilihat di luar ruangan. Khusus untuk dial tanpa nomor, sengaja memang saya pilih seperti ini karena saya belum punya jam analog yang tanpa index. Target berikutnya mungkin jenis diver watch?

Fitment on my wrist

Jam ini adalah jam mekanik kedua yang saya punya tapi manual wind yang pertama. Jadi mau tidak mau jika dipakai, harus diputar dulu crownya supaya energi pernya terisi, beda dengan automatic yang tinggal dikocok dan pakai saja. Terkesan jadul tapi buat saya ini timeless, tak lekang oleh waktu. Sekali putar full, bisa bertahan sampai hampir 30 jam.

Yang menarik yaitu pengaturan cepat untuk tanggal. Berbeda dengan jam Seiko saya yang tinggal mengubah tuas crown ke mode tanggal dan memutar untuk merubah tanggalnya maka lain cerita dengan jam ini. Kita perlu memutar crown waktu hingga tanggal berubah ke hari esoknya, kemudian diputar balik ke arah jam 8. Selanjutnya diputar balik ke lewat jam 12 lagi, maka tanggal akan berubah. Itulah satu-satunya cara untuk merubah tanggal. Khas jam tangan jaman dulu!

Untuk movementnya sendiri, informasi dari forum yang saya baca, movement Vostok ini terkenal sebagai movement badak yang bandel. Awet dalam waktu lama. Bahkan di buku manualnya, diinfokan bahwa jangka servisnya setelah pemakaian 10 tahun!

Ada kekurangan minor menurut saya dari jam yang saya beli ini. Marker pada penanda jam 11 penempatannya kurang presisi. Jika dilihat dengan teliti akan terlihat, namun bukan suatu kekurangan yang besar sih.

Buat yang sebelumnya terbiasa menggunakan quartz atau automatic, maka khusus jam tangan tipe ini harus rajin memutar crown supaya energi pernya terisi untuk energi jam berputar.

Selain itu, karena jam tangan ini menggunakan acrylic dome crystal akan sangat rawan dengan goresan. Walaupun jika terbentur keras kita tak perlu kuatir karena bahan acrylic cenderung lebih tahan dibandingkan bahan mineral dan sapphire crystal. Goresan pun sebenarnya sangat mudah dihilangkan menggunakan polywatch paste yang bisa didapatkan dari ecommerce.

Penutup

Kualitas jam tangan Vostok ini tidak bisa dianggap remeh. Dengan harga terjangkau kita bisa mendapatkan jam tangan mesin mekanik dengan kualitas baik dan tampilan yang ikonik khas militer. Bisa jadi alternatif untuk membeli jam tangan mekanik dengan budget <1 juta.

Selama beberapa hari pemakaian, jam tangan ini cukup nyaman dipakai. Pernah sekali terjatuh ke lantai, namun mesin masih berfungsi normal. Di dalamnya pun ternyata dilengkapi shock absorber supaya tidak mudah rusak jika terkena benturan.

3 thoughts on “Review jam buatan Rusia

  1. Berbekal memori tersisa saya akan huruf Cyrilic, tulisan di bawah Komandirskie itu adalah ‘Sdelano v Rossii’ kurang lebih artinya adalah ‘buatan Rusia’, ya seperti kata ‘made in Russia’ kalau dalam bahasa Inggris.

    Anyway, ini jamnya menarik banget. Dan saya baru tau lho kalau jam macam ini, harus diputar dulu supaya energi pegasnya terpenuhi untuk memutar jam. Kalau saya yang awam ini gak tau, mungkin saya kira jamnya rusak haha. Jadi tertarik juga nih buat beli, kalau yang unik-unik begitu. Belinya langsung ke webstie Vostok nya kah?

    1. Wah, makasih Mas Bart, ternyada made in Rusia ya bacaannya, kok saya ngga kepikiran, padahal kan itu umum juga di barang2 ya haha.
      Betul Mas, itu jam mekanik namun manual, betul2 seperti jam tangan jadul yang mungkin dipakai bapak atau kakek kita dulu. Di situsnya vostok bisa Mas, tapi kalo saya ini beli di meranom. SIlakan aja cek isinya dan selamat berburu hehe.

      1. Kemarin abis baca-baca artikelmu ini, aku langsung buka websitenya Vostok. Menarik, jadi pengen hahahaha.

        Tapi kayanya aku cenderung yang kasual aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s