SEKITAR enam tahun yang lalu saya pernah menulis tentang bagaimana kita bisa memanfaatkan data CORS yang dikelola oleh BIG untuk keperluan koreksi pengukuran data lewat GPS receiver. Tulisan tersebut bisa dilihat di link ini. Selanjutnya saya tidak ingat persis akhirnya cara tersebut tidak bisa digunakan lagi.

BIG kemudian memfasilitasi dengan cara kita mengirimkan email dan mengisi google docs untuk mendapatkan data tersebut. Terakhir saya melakukan cara ini sekitar awal bulan Februari lalu. Cara ini menurut saya tidak praktis karena jika saya meminta data RINEX setiap hari bukankah si operator email tersebut juga semakin repot?

BIG akhirnya memberikan solusi tersbut dengan kembali membuat akses ke portal INACORS tersebut. Pengguna dapat secara bebas mendownload data RINEX pada stasiun yang diinginkan dan waktu rekam terbaru. Portal tersebut bisa diakses di sini. Untuk portal Sistem Referensi Geospasial Indonesia dalam bentuk pdf bisa dilihat juga pada tautan berikut ini.

Khusus untuk data RINEX, dengan mengakses link ini maka kita bisa langsung memilih data RINEX yang tersedia pada portal yang dikelola oleh BIG.

Contoh akses data RINEX pada portal
Contoh data RINEX yang tersedia pada Stasiun Sampali (Deli Serdang)

Untuk mendownload data RINEX ini semuanya gratis alias nol rupiah. Sebagai pekerja di bidang pemetaan dan pembayar pajak, saya tentu merasa sangat terbantu dengan adanya layanan gratis dari BIG ini. Hasil ukuran lapangan tentunya akan jauh semakin akurat dibandingkan jika tidak dikoreksi dengan data CORS ini. Bravo BIG!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s