Tak jarang saat dalam melakukan pekerjaan di Arcmap, kita perlu menampilkan label. Label penting untuk memberi informasi ke pembaca peta apa isi atribut dari fitur tertentu.

Umumnya label yang ditampilkan biasanya hanya satu label, namun tak jarang kita memerlukan untuk menampilkan lebih dari satu informasi pada fitur tersebut. Misalnya ada informasi polygon desa yang berisi atribut seperti di bawah ini.

Contoh fitur yang berisi atribut desa

Cara paling simpel tentu saja membuat label manual dan menumpukkan label. Kelemahan cara manual ini akan memakan waktu jika harus menampilkan fitur yang banyak.

Dengan menggunakan perintah di bawah ini maka cara menampilkan label akan lebih mudah, cepat dan praktis. Misalkan kita akan menampilkan ID desa, kabupaten/kota, kecamatan, nama desanya serta luasnya sekaligus berurutan.

Caranya yaitu klik kanan layer kemudian menuju tab label. Ceklis Label features in this layer. Klik tombol Expression kemudian masukkan syntax seperti di bawah ini. Untuk modifikasi label, saya terbiasa menggunakan parser Visual Basic sehingga pastikan parser yang dipilih yaitu VBScript.

[ID2013] &vbcrlf& [KABKOT] &vbcrlf& [KECAMATAN] &vbcrlf& [DESA] &vbcrlf& [LUAS] &" ha"
Hasil label

Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s