Geografi · GIS

Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peta NKRI 2017

IRONI adalah ketika sebagai warga negara Republik Indonesia, kita tidak banyak tahu akan negara kita. Entah itu nama pulau utama atau pulau-pulau kecilnya. Minimal walaupun tidak tahu, seenggaknya pernah dengar deh nama pulaunya.

Nah beberapa bulan yang lalu, BIG (Badan Informasi Geospasial – sebelumnya Bakosurtanal) mengeluarkan peta NKRI edisi 2017. Gratis pula! Bagi kalian yang berminat untuk mengunduhnya bisa klik tautan berikut ini ya. Untuk versi jpg bisa unduh pada gambar di atas saja.

Entah sudah berapa lama saya tidak menatap peta NKRI. Mungkin terakhir melihatnya dengan teliti ketika masih berkuliah di Depok. Maka ketika selesai mengunduh peta, saya cukup terkesima karena isi petanya sungguh-sungguh menarik.

Berkat kecanggihan teknologi penginderaan jauh, topografi di daratan maupun di lautan ditampakkan dengan informatif pada peta sehingga kita bisa mengetahui dengan cepat dimana dataran rendah, tinggi dan pegunungan. Batas ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) juga ditampilkan dengan jelas pada peta, baik yang sudah diratifikasi maupun yang belum, sehingga pembaca peta bisa dengan mudah membedakannya.

Salah satu yang bikin gemas yaitu yang saya sebutkan tadi, topografi. Tampilannya sangat informatif. Ketika saya melihat topografi, saya langsung teringat akan data DEM SRTM produksi NASA. Terlihat jelas pola topografi di Pulau Jawa yang berbeda dengan di Sumatera dimana gunung di Jawa terlihat seolah sebagai ‘pasak’ sedangkan di Sumatera berupa deretan pegunungan yang membentang dari Semangko hingga Leuser.

 

Advertisements

6 thoughts on “Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s