Catatan Perjalanan · Dibalik Lensa · Pariwisata

Sibayak

LETAK Gunung Sinabung di sebelah Barat Daya Kota Medan dengan waktu tempuh tak lebih dari tiga jam tentunya menjadi salah satu objek wisata menarik yang lazim dikunjungi. Tak sedikit wisatawan asing yang juga tertarik untuk mendaki gunung tersebut karena banyaknya pilihan jalur untuk menuju puncaknya.

Sekira sepekan lebih yang lalu, saya beserta rekan sejawat satu kantor berkunjung ke Sibayak dalam rangka jalan-jalan akhir pekan. Diantara rombongan baru satu orang saja yang pernah menyambangi puncaknya, yakni salah seorang ekspatriat asal Skotlandia.

Pilihan jalur yang ditempuh menuju puncak tentunya yang paling singkat mengingat jadwal perjalanan kami yang memang hanya dihabiskan satu hari saja. Jalur wisata menjadi pilihan kami untuk perjalanan menuju puncak.

Walaupun melalui jalur wisata, ternyata memang tak semudah yang dipikirkan. Selain tingkat kecuraman lereng, pada beberapa jalur pun kita diharuskan untuk ekstra hati-hati karena berimpitan dengan jurang yang vertikal. Jika salah langkah sedikit saja, bisa-bisa pendaki mengalami kejadian naas yang tak diinginkan.

Tentunya bagi beberapa orang, masih terngiang akan beberapa kecelakan pesawat yang terjadi di Gunung Sibayak. Mulai dari pesawat Garuda hingga helikopter SAR pernah mengalami kejadian tak mengenakkan di sini. Segolongan orang kerap mengaitkannya dengan hal-hal klenik.

Untuk menuju puncak, tak lebih dari 2,5 jam berjalan kita bisa mencapai kawah di dekat puncak Sibayak. Bau belerang yang menyengat menjadi sesuatu hal biasa mengingat kondisi gunung yang masih aktif hingga saat ini. Tetangganya, Sinabung, bahkan sudah lebih dari setahun batuk-batuknya tidak berhenti hingga mengakibatkan sejumlah kampung yang harus dievakuasi.

Berikut ini merupakan hasil dokumentasi selama perjalanan ke Sibayak. Tentunya dengan melihat gambar akan lebih mudah dicerna ceritanya ketimbang dengan membaca deskripsi yang panjang berkesudahan. Selamat menikmati!

Awal perjalanan
Awal perjalanan
Jalur berkanopi
Jalur berkanopi
Jalur sempit
Jalur sempit
Mendekati area berbelerang
Mendekati area berbelerang
Sinabung dari kejauhan
Sinabung dari kejauhan
Kepulan belerang
Kepulan belerang
Mirip lanskap di film lord of the ring
Mirip lanskap di film lord of the ring, gerbang mordor
Penambang belerang
Penambang belerang
Banyak yang iseng membuat nama :D
Banyak yang iseng membuat nama 😀
Batuannya unik
Batuannya unik
Entah apa pun
Entah apa pun
Kawah
Kawah
Berkabut dan berasap belerang
Berkabut dan berasap belerang
Berasap
Berasap
Advertisements

5 thoughts on “Sibayak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s