Tags

, ,

 

asd

Halaman depan Portal Geospasial Indonesia

Portal Geospatial Indonesia – Salah satu upaya pemerintah dalam menindaklanjuti UU Nomor 4 tahun 2011 tentang informasi geospasial, maka Portal Geospasial Indonesia hadir sebagai solusi ditengah-tengah masyarakat. Informasi yang terdapat pada portal berupa informasi data spasial dasar yang dapat diakses oleh publik secara bebas.

Badan Informasi Geospasial (dahulu bernama Bakosurtanal) – disingkat BIG, merupakan lembaga negara yang berwenang untuk mengeluarkan informasi geospasial dasar yang terdapat pada portal. Dalam hal ini, seluruh data dasar yang ada pada portal wajib digunakan sebagai acuan untuk seluruh masyarakat yang akan menggunakan sesuai bidangnya. Adapun informasi geospasial yang terdapat pada portal memiliki berbagai macam layer tema dasar pada beberapa varian skala seperti 1:250.000, 1:50.000 serta 1:25.000.

Nah, ada data spasial apa saja yang terdapat pada portal? Beberapa data dasar yang bisa diakses dan diunduh secara gratis oleh publik diantaranya garis pantai, hipsografi (informasi garis ketinggian), perairan, toponimi (nama rupabumi), batas wilayah (ada batas yang sudah definitif dan belum), transportasi dan utilitas, bangunan dan fasilitas umum serta yang terakhir penutup lahan. Jika kita lihat ketersediaan datanya, data tersebut sudah lengkap seperti informasi yang biasa kita temukan pada peta rupabumi (topografi).

Kita patut mengapresiasi upaya dari pemerintah karena bagaimanapun sesuai undang-undang, informasi geospasial dasar merupakan informasi publik yang bisa diakses dan dipergunakan seluas-luasnya. Tak hanya bisa diakses saja, sebenarnya kita pun bisa dengan bebas untuk mengunduhnya secara gratis! Ini salah satu terobosan yang terasa manfaatnya bagi masyarakat terutama yang bergelut di bidang geospasial. Bagaimanapun kita sudah membayar pajak dan sudah sewajarnya informasi geospasial yang sifatnya umum dan bukan restricted bisa seluasnya dibukakan aksesnya.

Untuk rekan-rekan terutama yang sering bekerja dengan informasi ke-geospasial-an bisa mengakses langsung portal yang sudah disediakan oleh BIG melalui alamat berikut ini. Pada laman tersebut pengguna juga bisa mengunduh data secara bebas sesuai prosedur yang sudah disediakan. Data unduhan bisa berupa shapefilegeodatabase dan format CAD.