Tags

Beberapa pekan silam, ponsel saya mengalami masalah yang cukup serius. Ponsel tidak mau masuk ke menu utama walaupun sudah ditunggu berjam-jam lamanya sampai terasa panas. Sempat terpikir untuk membawanya ke tempat servis namun saya urungkan setelah berselancar di dunia maya.

Akhirnya saya putuskan untuk hard reset dan kembali ke mode awal saat ponsel baru dilahirkan alias reset to factory setting. Setelah melakukan hal tersebut, seluruh data pada ponsel raib. Sangat merepotkan ternyata karena saya tidak menyinkronkan dengan akun Google dan semacamnya.

Masalah kembali datang ternyata pada ponsel tersebut. Ponsel tidak bisa update firmware secara otomatis! Tambah pucing deh pala barbie. Setelah melakukan pertapaan selama tiga hari di dunia maya, menelusuri gang-gang sempit nan bertuah akhirnya mendapatkan pencerahan juga. Ada kemungkinan masalah memang terdapat pada kernel version yang ada pada ponsel saya. Tanpa ba-bi-bu langsung saya gas untuk mengunduh firmwares yang ada. Memang memakan waktu, namun cukup menyenangkan juga ternyata.

Langkah solutif ini saya dapatkan dari link berikut ini, mangga disanguan weh: LINK