Tags

,

Dalam melakukan pekerjaan, terkadang hal remeh sulit diingat kembali. Terutama ketika dalam keadaan rush hour. Contohnya saat akan melakukan penggabungan bands suatu citra satelit multikanal.

Seharusnya pekerjaan tersebut adalah hal yang mudah. Namun karena kondisi lingkungan kerja serta kepanikan si penafsir citra saat rush hour, seluruh teknik yang dikuasai bisa sirna dalam sekejap.

Untuk itulah saya posting hal tersebut di sini agar tidak mudah lupa dalam melakukan teknik komposit tersebut. Pada awalnya saya terbiasa menggabungkan citra multikanal pada program ErMappe*. Namun karena tidak berjalan pada laptop berplatform 64-bit, maka saya menggunakan program SIG yang populer seperti ArcMa*.

Tools

Tool untuk komposit kanal

Untuk menjalankan perintah penggabungan komposit agar terlebih dahulu membuka ToolBox kemudian urutan lokasi toolnya yaitu di ArcToolBox – Data Management Tools – Raster – Raster Processing – Composite Bands. Eksekusi tool tersebut, kemudian akan muncul jendela eksekusinya. Masukkan satu persatu kanal yang akan dikompositkan (sebaiknya secara berurutan dari kanal 1,2,3 dst). Tentukan juga folder luarannya sesuai yang diinginkan. Saya biasanya membuat hasil komposit tersimpan dalam sebuah geodatabase. Jika sudah sesuai pengaturannya, klik OK. Voila! Selamat bereksperimen dengan citra komposit tersebut.