Tags

, , , , ,

Hahaha

Hahaha

Dalam percakapan digital (baca: media sosial), sedikit banyak saya memerhatikan orang-orang yang menggunakan ungkapan tertawa. Dalam satu hal ungkapan tersebut bsas mempermanis percakapan tergantung konteksnya. Nah, berikut ini akan saya coba rangkum beberapa ungkapan tertawa tersebut.

“Hehehe”

Kata “hehehe” menurut saya merupakan kata yang paling sering dipakai dalam percakapan digital tersebut dan terdengar lebih tidak dibuat-buat. Cobalah kita untuk tertawa singkat, maka refleks yang keluar dari mulut kita kurang lebih adalah hehehehe.

“Hahaha”

Nah, “hahaha” masih sama dengan “hehehe”. Mengapa, karena rerata orang pun jika ketawa pasti akan mengeluarkan kata “hahaha”. Hanya saja biasanya orang yang menggunakan “hahaha” dalam percakapan lebih kepada hal yang lebih terbahak-bahak konteks lucunya. Mungkin jika diibaratkan, “hahaha” itu untuk hal yang lucu sedangkan “hehehe” untuk hal yang setengah lucu atau bahkan formalitas kita untuk menghormati kawan yang sedang melucu, “hehehe”. Evolusi dari “hahaha” dalam percakapan digital yaitu “bhahaha” dan “whahaha”. Mungkin untuk menekankan bahwa si penulis sangat terkocok perutnya. Ada juga evolusi berikutnya dari “hahaha”, “hehehe”, dan “huhuhu” yang hasilnya adalah “heuheuheu”. Entah apa maksudnya yang pasti kata tersebut menunjukkan ekspresi tertawa pada intinya.

“Hihihi”

Kata ini masih bersaudara dengan “hahaha” dan “hehehe”. Masuk akal karena saya pernah mendengar orang yang tertawa menggunakan kata ini. Hanya saja pasti berkonotasi kea rah hal yang gaib karena konon kabarnya ada setan yang tertawa seperti itu. If you know what I mean. Evolusi dari “hihihi” ada juga “whihihi”.

“Wkwkwk atau wakakaka”

Untuk kata di atas agak lebih kurang rasional. Karena jika kita lafalkan akan lebih mirip dengan suara bebek ketimbang suara manusia tertawa. Namun herannya banyak juga orang yang menggunakan kata tersebut dalam percakapan digitalnya termasuk saya (kadang-kadang) di akhir kalimat. Entah berasal darimana, yang jelas kata tersebut sudah dipakai banyak orang di era social media belakangan ini. Dan bahkan lebih mengerikan lagi saya menemukan evolusi penggunaan “wkwkwk” menjadi “kwkwkwkw”. Saya tidak tahu apa maksudnya.O_o

“Kekeke” atau “kkkkkk”

Beberapa kawan akun twitter saya menggunakan kata tersebut untuk menggunakan ungkapan tertawa di media social. Agal sulit diterima akal memang karena bila kita coba mengucapkannya dengan mulut kita malah terdengar agak mengerikan dan tidak lazim. Seumur-umur saya belum pernah mendengar manusia yang menggunakan kata tersebut ketika tertawa.

“Fufufu” atau “khukhukhu”

Kata ini sangat jarang digunakan. Bahkan bisa dikatakan terbatas pada suatu komunitas. Orang yang sering membaca anime pasti mengerti untuk penggunaan kata tersebut. Kata yang digunakan untuk mengungkapkan kelucuan ini lebih ke arah meremehkan dibandingkan dengan menunjukkan kelucuan dalam percakapan.

Jadi anda lebih sering pakai yang mana?

Demikian sekilas opini saya atas pengamatan di media sosial terutama twitter, facebook, dan blog. Saya yakin pasti akan ada evolusi dari kata-kata tersebut suatu saat karena manusia lah yang membuat bahasa tersebut. Tidak ada yang melarang membuat kata-kata baru sejauh sudah disepakati oleh konsensus pengguna bahasa.