Tags

, , , , ,

Manusia berkembang dari belajar. Belajar membuat kesalahan yang berulang hingga akhirnya kesalahan yang yang dibuat semakin minim.

Perjalanan survey terakhir ke Jawa Timur saya manfaatkan sekaligus untuk belajar membidik hewan dari balik kamera DSLR. Awalnya sempat berdiskusi dengan rekan kerja yang kebetulan ke lapangan bersama-sama. Dan kebetulannya beliau dari bagian lingkungan sehingga tugasnya di lapangan adalah membidik gambar-gambar flora dan fauna yang ada di area survey kami.

Cukup sulit pada awalnya buat saya untuk mengambil gambar-gambar fauna ataupun flora yang ada. Yang diperlukan adalah kesabaran dan jeli dalam memantau kondisi sekitar. Suatu waktu bisa kita kenali dari bergeraknya semak atau pohon. Bisa juga dari suara yang dikeluarkan oleh hewan tersebut. Setelah bisa mendeteksi, bagian sulit berikutnya adalah membidikkan kamera kepada objek yang akan diabadikan gambarnya. Pada bagian ini membutuhkan kelihaian si pembidik dalam mengambil gambar. Semakin sering pembidik mengambil gambar maka momentum pengambilan obyek pun akan semakin sempurna. Untuk pemula seperti saya amat sangat sulit karena belum terbiasa. Selain itu, faktor alat juga berpengaruh dalam mengambil gambar. Untuk membidik fauna, biasanya kita temukan pada jarak yang jauh dari posisi pengamat. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perubahan spesifikasi lensa menjadi lensa tele sehingga obyek jauh bisa dilihat dengan mudahnya. Saya sendiri hanya memakai lensa bawaan yang tentunya tidak sebaik dengan menggunakan lensa tambahan untuk mengambil gambar.

Tupai

Dragonfly

#Glenmore11072012