Catatan Perjalanan · Dibalik Lensa

Kebun Binatang di Pedalaman Kutai Barat

Berjalan-jalan menjadi salah satu pengisi kegiatan saya di hari Minggu. Disamping menghilangkan kepenatan bekerja di luar pulau, dengan berjalan-jalan kita bisa menemui tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah kita temukan di kediaman kita sebelumnya. Untuk itulah tempat selalu dikatakan unik karena memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan tempat-tempat lainnya.

Ternyata, di pedalaman Kutai Barat yang ‘ramai’ oleh pertambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit, atau dipenuhi semak belukar dan hutan saya masih bisa menemui tempat menarik yang dikelola oleh perusahaan pertambangan batu bara yang beroperasi di sekitar Camp Baru. Dinamakan Camp Baru. Bukan merupakan sebuah kota dan hanya merupakan ‘kota persinggahan’ kecil di jalan lintas trans Kalimantan. Tempat menarik tersebut yaitu kebun binatang yang dibentuk sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan tambang batu bara GBPC bekerja sama dengan BKSDA setempat.

Lokasi kebun binatang ini tidak jauh dari jalan aspal. Hanya berjarak kurang lebih 500 meter dan tempat ini menyatu dengan fasilitas kantor perusahaan tambang. Tidak seperti kebun binatang yang ada di Pulau Jawa dimana pengunjung harus membayar tiket masuk, di sini pengunjung digratiskan untuk menikmati fasilitas kebun binatang ini. Pengunjung hanya diwajibkan untuk mengisi daftar hadir di bagian pos pengawasan utama.

Keberadaan kebun binatang yang berada di pedalaman seperti ini ternyata menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi penduduk yang mendiami dan tinggal di sekitar daerah tersebut. Selain dijadikan salah satu pilihan untuk melepas kepenatan, kebun binatang juga bisa dijadikan sarana edukasi bagi anak sekolah walaupun kondisi fasilitas yang ada di kebun binatang ini masih jauh dari keadaan yang bisa dikatakan baik. Di bawah ini merupakan sebagian hasil gambar yang saya ambil selama berkunjung ke kebun binatang tersebut. Selamat menikmati.

#tanjungisuy24032012

Rusa putih
Beruang madu si pemalas
Bangau yang selalu tidur dengan satu kakinya
Buaya
Orang utan
Dua monyet sedang mengintai pengunjung yang memerhatikannya dari luar kandang
Kera putih dan jari mungilnya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s