Tags

, ,

Membaca akhirnya menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi saya selama bekerja di lingkungan perkebunan sawit. Apa pasal? Hanya dengan membacalah kita bisa menambah wawasan keilmuan dan juga sebagai pengisi waktu yang sangat bermanfaat di sela-sela waktu yang kosong.

Novel terakhir yang saya baca yaitu Bait-bait Suci Gunung Rinjani buah karya Khairul “Ujang” Siddiq. Novel tersebut terbitan Dian Rakyat tahun 2009. Pada sampul depan novel terdapat tulisan ‘Novel yang lahir dari jalanan’ yang akhirnya membuat saya penasaran untuk membaca novel tersebut.

Secara garis besar, alur cerita dari novel tersebut sederhana yaitu bercerita tentang kehidupan seorang Fajar, lulusan pesantren yang menyukai hiking sebagai sarana untuk bersyukur kepada Tuhan. Rangkaian alur cerita menyajikan potret pemuda mandiri yang memiliki pengetahuan agama dan mengamalkannya di dalam kehidupannya secara konsisten. Tampaknya penulis ingin menitikberatkan pada aspek dakwah dalam setiap alur cerita yang disajikannya.

Menurut saya, nilai moral yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca yaitu bagaimana seharusnya seorang muslim mengimplementasikan dan mengejawantahkan nilai-nilai Islam yang telah terintegrasi secara kultural (terutama agama warisan) secara konsisten. Penulis menyampaikan dan menyajikan kejadian-kejadian tersebut dalam praktik yang sederhana dan jamak terjadi dalam kehidupan remaja/pemuda terutama dalam konteks percintaan.

Selebihnya jika ingin mengetahui lebih lanjut jalan cerita dan petualangan Fajar sila saja baca novelnya dari awal halaman hingga akhir halaman. Nikmati rangkaian cerita yang sederhana namun sarat makna dengan nilai-nilai dakwah di setiap peristiwa yang diceritakan.🙂

#bahlias17012012