Tags

, , ,

Selama bergelut dengan dunia per-GIS-an selama kurang lebih empat tahun, selama itu pula penulis akrab dengan perangkat lunak produksi ESRI seperti ArcView GIS dan ArcGIS. Terdapat perbedaan kemampuan antara format lama (ArcView) dengan format baru (ArcGIS) termasuk juga segala kelebihan dan kekurangannya. Yang pasti, yang muncul terakhir tentunya memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dibandingkan dengan perangkat yang terdahulu.

Saat ini, produk terbaru yang dikeluarkan oleh ESRI yaitu ArcGIS 10, menggantikan pendahulunya yang masih versi 93. Walaupun penulis belum pernah merasakan performa dari ArcGIS 10, penulis masih merasa cukup dengan performa versi ArcGIS 93 disamping masih mempertimbangkan kemampuan hardware laptop yang kurang mendukung juga sehingga tetap memakai versi sebelumnya.

Migrasi antara kemampuan ArcGIS dari versi 92 ke 93 memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal export file yang bertipe pdf. Jika dahulu dengan versi 92 hanya bisa dihasilkan file bertipe pdf yang standar sifatnya dengan kata lain tidak berbeda dengan file yang di export bertipe image seperti jpg, tiff, atau png. Dengan menggunakan tipe 93 ini, kita dapat mengexport file pdf yang memiliki georeferensi atau dengan kata lain memiliki informasi koordinat serta atribut fitur yang dimiliki pada project  mxd yang kita pakai. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat dan memudahkan end user untuk mengetahui informasi ‘lebih’ yang terdapat pada petanya.

Fitur yang baru diperkenalkan pada versi 93 ini tentunya memiliki beberapa ketentuan yaitu user harus menginstall patch tambahan sehingga fitur export ke file pdf yang bergeoreferensi dapat diaktifkan. Patch in tersedia di website Esri dan dapat diunduh secara gratis. Selain itu, untuk dapat melihat fitur baru tersebut pada file pdf yang bersangkutan, adobe reader yang kita miliki sebagai viewer data pdf harus yang sudah versi 9 atau 10. Jika kita buka file pdf dengan menggunakan versi lama seperti  adobe reader 8 hanya akan terlihat sama dan informasi geografis tidak akan keluar. Berikut ini terlampir gambar yang menunjukkan informasi georeferensi tambahan termasuk informasi atribut layer  yang bisa kita lihat dari adobe reader. Semoga bermanfaat.

#bahlias19112011