Tak terasa hari ini adalah hari pertama di Bulan Ramadhan 1431 H. Waktu berlalu seakan cepatnya hingga akhirnya kita bisa dipertemukan kembali di bulan suci yang penuh dengan limpahan pahaya, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.

Bagi seorang muslim, Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk melakukan akselerasi ruhiyah sehingga bisa menjadi pribadi-pribadi muslim yang lebih luar biasa dari yang sebelumnya. Tak mengherankan memang jika pada bulan suci ini, semarak ritual peribadatan semakin kental terasa terutama di pusat aktivitas keagamaan seperti masjid. Kemarin malam, Masjid Jami Nurul Muminin di dekat tinggal saya menjadi saksi bagaimana melimpah ruahnya para jamaah yang melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah. Masjid yang masih dalam proses pembangunan tersebut pun terlihat semarak dengan kehadiran jamaah laki-laki, wanita, dan tak ketinggalan anak-anak kecil yang ikut meramaikan tarawih berjamaah.

Ada suatu fenomena yang lazim terjadi ketika Bulan Ramadhan menyapa kita di setiap tahunnya. Salah satunya yaitu fenomena tarawih berjamaah yang selalu mengalami kemajuan dari hari ke hari mulai awal Ramadhan. Kemajuan yang dimaksud dalam hal ini yaitu kemajuan shaf shalat yang semakin maju, dalam artian jamaahnya semakin berkurang dari hari ke hari dan akan meningkat signifikan menjelang Bulan Ramadhan berakhir. Fenomena ini saya amati memang terjadi di setiap Ramadhan dan bisa jadi terjadi juga di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Shalat tarawih merupakan salah satu amalan yang hukumnya tidak wajib namun karena ‘spesial’ dilaksanakan di bulan Ramadhan, maka aspek tidak wajib tersebut menjadi benar-benar spesial (seharusnya) jika kita menunaikannya dengan baik. Mengapa? Sudah pasti kita mengetahui bahwa amlan sunah yang dikerjakan pada Bulan Ramadhan nilainya sama dengan pahala wajib. Demikian dalam taraf ibadah yang wajib, maka balasan yang diberikan oleh Allah SWT sudah tentu akan lebih berlipat-lipat pula. Masihkah kita harus menunggu Ramadhan berikutnya untuk meningkatkan amalan ibadah kita? Mengapa tidak kita lakukan sekarang juga! Mudah-mudahan Allah SWT selalu membimbing kita menjadi insan-insan yang saleh.

…**…