Karakteristik sense of place menurut Kevin Lynch terdiri dari lima macam. Kelima macam karakter tersebut yaitu landmark, jalur (path), pusat (nodes), daerah (district), dan batas (edges). Semua karakter tersebut merupakan representasi dari apa yang orang pikirkan mengenai suatu tempat yang dia kenal.

            Kota Bogor merupakan salah satu kota penyangga Jakarta selain Tangerang, Depok, dan Bekasi. Letaknya di Selatan Kota Jakarta memberi kesan tersendiri bagi Kota Bogor. Banyak penduduk yang menghabiskan waktu akhir pekan di Kota Bogor disamping hanya untuk lewat saja untuk meneruskan perjalanan ke Puncak.

            Sejak zaman kolonial, Kota Bogor merupakan tempat peristirahatan favorit bagi para Gubernur Jenderal Hindia Belanda ketika itu. Sehingga diberi nama Buitenzorg (yang berarti tempat rehat) yang merupakan cikal bakal kata Bogor. Salah satu unsur fisik yang membuat Bogor menjadi tempat favorit ialah suhu udaranya yang cukup sejuk karena berada di ketinggian 400an meter di atas permukaan laut selain tingginya curah hujan yang ada di Kota Bogor.

            Landmark Kota Bogor yang paling terkenal yaitu Kebun Raya Bogor (KRB). KRB terletak di jantung Kota Bogor yang berisi beragam macam tumbuhan dari seluruh dunia. KRB yang didirikan oleh Sir Stamford Raffles ini memiliki koleksi tumbuhan yang langka yaitu bunga bangkai. KRB dapat dijangkau dengan kendaraan umum baik yang datang dari stasiun kereta atau juga terminal bus. Koleksi tumbuhan yang ada di dalam KRB banyak diminati oleh penduduk baik dari kalangan biasa yang datang untuk mencari kesenangan atau juga dari kalangan peminaat tumbuhan seperti mahasiswa serta botanis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

            Kota Bogor memiliki jalan-jalan utama yang sering dilewati oleh kendaraan. Jalan-jalan tersebut diantaranya Jalan Raya Pajajaran dan Jalan Raya Tajur. Jalan Raya Pajajaran memanjang mulai dari pertigaan Ekalokasari kearah Utara hingga pertigaan Warungjambu. Sepanjang Jalan Raya Pajajaran banyak ditemukan kegiatan ekonomi berupa retail, pelayanan jasa, dan juga pendidikan. Beberapa tempat yang menarik di Jalan Raya Pajajaran yaitu Ekalokasari Plaza yang memiliki fasilitas beragam mulai hiburan hingga took buku yang lengkap.

            Dari pertigaan Ekalokasari kearah Tenggara hingga sampai pertigaan Ciawi merupakan Jalan Raya Tajur. Jalan ini merupakan satu-satunya jalan penghubung dari Kota Bogor menuju Puncak jika tidak melewati jalan tol Jagorawi. Jalan Raya Tajur juga merupakan pembatas fisik antara Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Timur. Mulai dari pertigaan Ekalokasari, di sepanjang Jalan Raya Tajur dapat ditemukan berbagai macam kegiatan ekonomi seperti pusat perdagangan tas, hiburan seperti Bioskop Galaxy, kegiatan industri, bengkel, dan usaha ekonomi penduduk setempat.

            Kota Bogor memiliki beberapa pusat perdagangan diantaranya terletak di sekitar KRB yaitu Pasar Bogor. Pasar ini merupakan pasar yang ramai dikunjungi oleh penduduk Bogor baik pada waktu siang maupun malam hari. Pada siang harinya pasar ramai dikunjungi oleh penduduk yang ingin ke plaza atau pasar untuk membeli kebutuhan sehari-harinya. Pada malam hari, kegiatan pasar beralih di sepanjang Jalan Suryakencana. Pada waktu malam, sayur-sayuran dijajakan di sepanjang jalan sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

            Kota Bogor memiliki beberapa daerah menarik yang dapat dikunjungi. Untuk ke tempat rekreasi dapat mengunjungi KRB. Untuk ke tempat pusat perbelanjaan dapat mengunjungi Ekalokasari Plaza, Botani Square, dan pusat perbelanjaan lainnya di sekitarnya. Pusat ekonomi dalam bentuk industri dapat ditemui di Jalan Raya Tajur. Industri yang terdapat di Jalan Raya Tajur diantaranya industri tekstil, industri tas, pabrik sendok, serta minuman ringan.

            Batas Kota Bogor dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki kota seperti pusat pemerintahan, pelayanan masyarakat, pusat kegiatan ekonomi, dan fasilitas tambahan lainnya seperti hiburan dan rekreasi. Pusat pemerintahan Kota Bogor terdapat di Jalan Juanda dimana terdapat Balaikota, Bappeda, pelayanan pajak, dan kantor DPRD. Pelayanan masyarakat yang ada seperti sekolah, rumah sakit, dan bank berada dekat dengan Balaikota Bogor. Pusat ekonomi Kota Bogor dapat ditemukan di sepanjang Jalan Pajajaran.