Transfer Shapefile ke Garmin GPS

Karena pesatnya perkembangan teknologi pemetaan, begitu mudahnya kita menjumpai alat-alat untuk mendukung pekerjaan tersebut. Alat yang jamak dijumpai oleh kita adalah apa yang dinamakan alat penerima sinyal GPS yang biasanya orang langsung menyebut dengan GPS. Dengan menggunakan GPS, dengan mudahnya kita akan mengetahui dimana lokasi kita pada saat melakukan penjelajahan atau perjalanan.

Garmin merupakan salah satu vendor dari alat penerima sinyal GPS yang bertipe navigasi dan banyak dipakai di seluruh dunia. Mulai dari tipe e-trex, 60i, 76csx, dan sederet model dan rupa bentuknya akrab digunakan para penggiat keilmuan multidisiplin yang selalu melibatkan ‘tempat’ dalam praktik kegiatannya.

Saat kita menggunakan GPS, versi default dari sistemnya biasanya sudah terinput data global seperti kota-kota besar dunia, garis pantai, atau jalan-jalan utama di Negara-negara tertentu. Namun, bagaimana jika kita ingin menginput data sendiri milik kita yang memiliki skala besar misalnya seperti jalan/gang di kelurahan, atau persil bangunan di RW kita?

Untuk mentransfer data ke dalam GPS Garmin tidak semudah layaknya kita mengirim data ke dalam flashdisk kita. Dibutuhkan beberapa tahapan sehingga data yang kita inginkan dapat kita masukkan dan menjadi latar belakang GPS kita.

  1. Siapkan shapefile (.shp) data yang akan kita transfer ke dalam GPS kita. Untuk memasukkan data ke dalam GPS Garmin, kita tidak dapat mengirim langsung menggunakan shp yang bersangkutan. Siapkan seluruh file yang akan kita masukkan seperti misalnya layer jalan, sungai, persil bangunan, dan data lainnya yang ingin kita transfer.
  2. Persiapkan perangkat lunak MapEdit, CGPSMapper routable, dan SendMap. Silakan dicari dan ditelusuri di situs pencari.
  3. Selanjutnya, kompilasi data yang ingin kita kirim dari format shp ke dalam format image (.img). Namun sebelum ke dalam format img, kita harus merubahnya terlebih dahulu ke dalam format polish map format (.mp) dengan menggunakan perangkat MapEdit. Data yang akan kita kompilasi ke dalam format mp ini akan tergabung menjadi satu. Misalkan kita memiliki data jalan, sungai, dan persil. Maka hasil dari kompilasi file tersebut akan menjadi satu file saja, misalkan menjadi bernama (dataku.mp) Pada tahapan ini kita pun dapat mengatur faktor skala sesuai dengan selera yang kita inginkan.
  4. Setelah dikompilasi ke dalam format mp, maka selanjutnya kita tinggal mengconvertnya ke dalam format img karena untuk memasukkan data ke dalam GPS Garmin harus berada dalam format seperti ini.
  5. Untuk menjalankan perangkat ini mungkin agak mengalami kesulitan bagi sebagian besar pengguna karena berformat command prompt untuk menjalankan perintahnya. Caranya, setelah masuk dalam command prompt, ketik saja root drive dimana kita menyimpan perangkat tersebut kemudian tekan enter. Misalkan kita menaruh perangkat tersebut di drive D dalam folder CGPSMapper (D:\software\CGPSMapper\CGPSMapper.exe).
  6. Setelah masuk ke dalam program, tinggal salin perintah untuk membuka program (pada langkah sebelumnya) lalu tambahkan spasi dan ketiklah drive dimana kita menyimpan file yang berformap mp tadi. Jalankan (ketik enter) dan tunggu hingga file img dibuat pada drive yang sama seperti tempat penyimpanan file berformat mp.
  7. Setelah file berformat img jadi, tinggal unggah pada GPS Garmin kita dengan terlebih dahulu membuka software SendMap.
  8. Nyalakan GPS Garmin dan file yang kita unggah siap digunakan. Jika belum terlihat, tinggal ubah map setup dengan file yang kita unggah.

#bahlias03112011

About these ads

One thought on “Transfer Shapefile ke Garmin GPS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s